Furniture

Tips memilih kursi rotan minimalis

admin

admin

Setiap orang yang baru saja membeli rumah pasti akan bersemangat dalam menata, menghias dan mengisi rumah dengan berbagai perabotan. Selain agar rumah nyaman untuk ditinggali, perabotan rumah juga diharapkan memiliki nilai fungsional untuk kegiatan sehari-hari. Mengingat beberapa rumah modern dengan harga yang terjangkau biasanya memiliki ruang yang terbatas, maka anda harus pintar-pintar dalam memilih perabotan untuk mengisi rumah. Karena sekarang banyak perabotan yang memiliki bentuk minimalis yang tidak memakan tempat namun tetap fungsional seperti tempat tidur yang memiliki ruang kerja dibawahnya, tangga yang di bagian bawahnya dimanfaatkan sebagai lemari dan lain sebagainya.

Selain sebagai aset, rumah juga merupakan tempat berkumpul dan melakukan kegiatan sehari-hari bersama keluarga. Sehingga untuk menambah kenyamanan saat berkumpul, ada baiknya anda menambahkan ruang terbuka untuk bersantai bersama. Karena selain udara yang segar, suasana yang asri tentu dapat memperbaiki mood serta dapat membantu anda berelaksasi. Seperti menambah rumah dengan teras jika memungkinan atau membuat balkon sederhana. Lalu untuk mendukung kesan asri pada sudut ruang tersebut, anda dapat menambahkan perabotan yang memberikan kesan natural dan santai. Salah satunya adalah dengan menambahkan perabot meja atau model kursi rotan minimalis.

Kenapa rotan? Karena rotan memberikan kesan klasik dan alami, selain itu rotan memiliki bobot yang ringan sehingga mudah untuk digeser-geser, memiliki harga yang relatif murah dibanding perabotan kayu lain, serta mudah dibersihkan dan relatif awet dengan perawatan yang minim. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda perhatikan sebelum memilih kursi rotan minimalis untuk keperluan teras atau balkon rumah anda :

  • Pilihlah bentuk perabot dengan warna yang senada dengan interior ruangan anda.
  • Sesuaikan kursi rotan minimalis yang dipilih sesuai kebutuhan anda, misalkan kursi tersebut ingin anda gunakan sebagai kursi malas, atau sebagai kursi santai. Jika digunakan sebagai kursi malas anda dapat memilih kursi rotan dengan bidang yang lebih luas dan datar, sedangkan sebagai kursi santai anda dapat memilih kursi rotan gantung atau kursi rotan goyang.
  • Ceklah kepada pengrajin, apakah kursi rotan yang ditawarkan sudah dilapisi¬† dengan bahan anti rayap sehingga kursi rotan tidak mudah rusak termakan rayap.
  • Perhatikan anyaman pada kursi rotan yang anda pilih, kursi rotan yang baik memiliki susunan anyaman yang rapat sehingga memiliki terasa kokoh saat digunakan.
  • Sambungan rotan yang baik biasanya menggunakan sambungan berbahan dasar kulit agar kursi yang dihasilkan tetap nyaman saat digunakan, selain itu sambungan berupa kulit dapat membuat sambungan antar rotan lebih rekat dan kuat satu sama lain tanpa mengurangi unsur estetika pada kursi rotan yang dihasilkan.
  • Jika perabotan anda nanti akan sering dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lain anda dapat memilih kursi rotan yang dibuat dengan perpaduan stainless steel atau kayu berukuran kecil, kursi rotan yang terbuat dari rotan sepenuhnya akan lebih berat daripada kursi rotan yang dipadukan dengan bahan-bahan tersebut.

 

Tags:

Leave a Comment