Genset

Ini Dia Keunggulan Genset Diesel dan Cara Kerjanya

admin

admin

Jika Anda memilih genset diesel dibandingkan genset lainnya, maka pilihan Anda adalah tepat! Anda tidak percaya? Berikut ini adalah beberapa keunggulan dan harga genset diesel dibanding genset lainnya. Check this out!

Harganya Lebih Murah

Sudah bukan rahasia lagi jika harga solar jauh lebih murah dibandingkan harga bensin. Harga solar di pasaran bahkan tidak sampai Rp 6.000 per liternya, sedangkan harga bensin yang termurah saja lebih dari Rp 6.000 untuk premium dan sekitar Rp 7.000an untuk pertalite. Jelas menggunakan genset bahan bakar solar lebih unggul bukan?

Tidak hanya bahan bakarnya saja yang murah, ternyata penggunaan bahan bakarnya pun irit sekali. Jika dibandingkan dengan bensin, pemakaiannya jauh lebih hemat 30 sampai 50 persen. Harga pemakaian genset diesel dapat ditekan bila genset dirawat dengan baik.

Mesinnya Lebih Kuat dan Awet

Bahan bakar solar memang memiliki energi yang lebih besar ketika dihasilkan oleh mesin dibandingkan bensin. Sehingga, penggunaan mesin diesel memang cocok untuk operasi berat seperti genset yang menghasilkan energy listrik. Hal ini membuktikan bahwa mesin diesel memang lebih kuat beroperasi dibandingkan  mesin bensin.

Selain kuat, mesin diesel kini sudah banyak perubahan, salah satunya adalah tidak bising lagi dan biaya perawatannya juga sudah lebih murah.

Walaupun mesin solar energy yang dihasilkannya lebih besar dan pekerjaannya lebih berat, terbukti umurnya ternyata lebih lama dibandingkan mesin biasa. Hal ini salah satunya dikarenakan mesin diesel tahan suhu panas dibandingkan mesin lainnya.

Bagaimana Cara Kerja genset?

genset punya dua komponen utama yakni sistem medan magnet dan jangkar. Kedua komponen ini berguna sebagai alternator atau penyedia arus bolak balik. Nah, listrik yang disediakan genset berasal dari semacam reactor yang disebut MT (Mutual Reactor) yang berada di dalam AVR (Automatic Voltage Regulator).

Nantinya, besaran listrik yang dialiri akan mengikuti beban yang diberikan. Untuk menjaga kestabilan arus listrik tidak hanya mengandalkan AVR saja namun juga menggunakan sejenis Sistem Governor untuk memberikan rotasi tertentu apabila tidak ada beban yang diberikan, sehingga arus listrik akan tetap teraliri.

Nah, sekian informasi terkait genset diesel semoga artikel ini menambah wawasan Anda terkait genset. Jangan lupa untuk melakukan perawatan pada genset Anda ya! Jangan sampai Anda mengeluarkan biaya perbaikan yang harganya sama seperti membeli genset diesel baru.

Tags: , ,

Leave a Comment