Bisnis, Kuliner

Mengenal Perbedaan Electric Convection Oven Dengan Jenis Oven Lain

admin

admin

Electric convection oven merupakan salah satu jenis oven yang lazim digunakan untuk keperluan komersial; baik itu membuat kue dalam skala besar ataupun kebutuhan memasak di hotel ataupun restoran.

Perbedaan Convection Oven Elektrik Dengan Oven Radiasi Gelombang Mikro

Oven dengan metode pemanasan menggunakan gelombang mikro terbilang lebih populer dan banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga; berbeda dengan electric convection oven yang lebih lazim digunakan untuk tujuan komersial. Kedua jenis oven tersebut secara umum berbeda dari cara memasak yang digunakan. Oven gelombang mikro atau microwave menggunakan radiasi gelombang mikro untuk memasak atau memanaskan makanan yang dimasukkan ke dalam oven. Sedangkan convection oven elektrik menggunakan metode sirkulasi udara panas untuk memasak atau memanaskan bahan masakan yang ada di dalam oven.

Perbedaan tersebut juga menghasilkan efek hasil memasak yang berbeda. Oven dengan pemanasan radiasi bekerja dengan menyelimuti bahan makanan yang dimasak dengan panas dari gelombang mikro. Metode ini menghasilkan tingkat kematangan yang merata; tetapi tidak menghasilkan cita rasa khas pembakaran oven. Penggunaan convection oven elektrik mampu menghasilkan tekstur masakan yang lebih renyah di bagian luar dan lembut pada bagian dalam. Tidak salah jika jenis oven tersebut sangat cocok untuk memasang daging dan membuat kue serta berbagai pastry.

Perbandingan Dengan Oven Gas

Oven dengan pembakaran gas memiliki kelebihan berupa uap air dengan aroma khas yang memberi cita rasa tersendiri. Efek serupa juga dimiliki oleh oven elektrik yang memanaskan masakan dengan perputaran udara panas di dalam oven. Kekurangan oven gas ada pada kesulitan mempertahankan stabilitas panas; berbeda dengan electric convection oven yang mampu menghindari fluktuasi panas saat proses memasak.

Perbedaan lain dari oven gas dan conviction oven elektrik ada pada desain dan kemudahan penggunaannya. Oven gas biasanya membutuhkan ruang yang luas serta perangkat untuk membuang gas sisa pembakaran. Sedangkan oven elektrik lebih praktis dari segi ukuran serta tidak membutuhkan instalasi pembuangan gas sisa pembakaran. Kecepatan pemanasan ovel elektrik juga lebih cepat karena bantuan sirkulasi udara panas yang membuat cara memasak lebih efektif dan cepat.

Tags: , , ,

Leave a Comment