Tips

Online learning memicu tumbuhnya daya saing SDM

admin

admin

Dewasa ini perkembangan teknologi informasi banyak memberikan pengaruh pada perubahan gaya hidup masyarakat. Seperti komunikasi yang bisa dilakukan bukan hanya dengan bertemu langsung, tetapi juga melalui telepon, aplikasi chat, video call, email, serta sarana lainnya. Hal yang paling berbeda dengan adanya perkembangan teknologi informasi ini adalah pertukaran informasi yang begitu cepat, sehingga menuntut gaya hidup masyarakat yang serba cepat pula. Tak bisa dipungkiri jika gaya hidup dengan tuntutan yang serba cepat ini membuat tuntutan dunia kerja juga menjadi semakin berat. Bagaimana tidak, jika sekarang belajar apapun bisa dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja melalui online learning. Sehingga proses belajar tidak hanya selesai setelah menempuh pendidikan formal saja, tetapi akan berlanjut seiring munculnya tuntutan dalam dunia kerja. Salah satu strategi yang dapat digunakan bagi anda calon pencari kerja adalah mencuri start dengan belajar lebih dahulu melalui online learning.

Topik yang dipilih bisa dimulai dari topik yang paling dekat dengan pendidikan formal yang sudah ditempuh sebelumnya atau kita bisa menentukan ke perusahaan atau industri mana yang kita tertarik untuk bekerja disana. Misalkan anda adalah seorang sarjana Psikologi (S.Psi), untuk menambah nilai diri anda, anda dapat belajar ilmu dasar pengolahan data di MS Excel.

Banyak online learning yang menyediakan sarana dan fasilitas yang membantu kita berlatih untuk mengolah data. Semakin banyak berlatih, kemampuan kita akan semakin terasah dengan baik. Jika nantinya anda akan menjadi HRD di suatu perusahaan, memiliki kemampuan mengolah data akan menjadi nilai tambah tersendiri ketika anda melamar kerja, begitu pula ketika anda bekerja, skill ini akan membantu anda dalam menyelesaikan pekerjaan secara lebih cepat. Bahkan kini beberapa perusahaan mulai menerapkan sistem online training di perusahaan untuk karyawannya.

Banyak online learning yang menawarkan pula pembelajaran baik soft skill maupun hard skill yang diberikan secara cuma-cuma. Hanya ketika nantinya kita membutuhkan sertifikat pendukung yang menyatakan kita lulus atau dianggap mampu menyelesaikan skill tertentu baru ada biaya yang kita keluarkan untuk mengurus proses administrasi. Sehingga menjadi penting untuk selalu belajar meningkatkan skill kita agar kita memiliki nilai diri yang semakin tinggi  dibanding orang lain.

Tags:

Leave a Comment